Profil

Profil LP3MPT Universitas Muhammadiyah Palangka Raya

LP3MPT Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Jl. RTA Milono Km 1.5 Telp/Fax. 0536-3222184. e-mail: lp3mpt@yahoo.co.id,

www.umpalangkaraya.ac.id/unit/lp3mpt


 

           LP3MPT adalah sebuah lembaga di tingkat universitas yang bertugas membantu wakil rektor I dalam penjaminan mutu dan bertanggungjawab kepada Rektor UM Palangkaraya. Lembaga ini dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor: 189/PTM.63.R/C/2011 tentang Pembentukan dan Pengangkatan Personal Lembaga Perencanaan, Pengendalian, dan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Pengelolaan perguruan tinggi harus dengan cara yang bermutu. Artinya bermutu dalam setiap tahun ada perkembangan untuk perbaikan ke depannya. Konsep manajemen mutu dan penjaminan mutu saling terkait. Manajemen mutu adalah satu nilai, sikap mental, satu sistem, sekaligus satu pola kegiatan dimana pengelolaan sebuah perguruan tinggi diarahkan secara sadar, sistematik, dan efisien untuk mencapai kepuasan dan peningkatan nilai pemangku kepentingan (stakeholders). Sedangkan penjaminan mutu adalah proses, mekanisme dan prosedur untuk menjamin bahwa manajemen mutu benar-benar akan dilaksanakan sesuai dengan standar, norma, permintaan, dan kepuasan para pemangku kepentingan  (stakeholders).

 

Renstra Lembaga Perencanaan, Pengembangan, dan Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi (LP3MPT) 2011-2020 mengacu pada Renstra UM Palangkaraya, karena analisis situasi disesuaikan dengan analisis situasi UM Palangkaraya. Namun beberapa situasi perlu mendapat perhatian khusus, mengingat pentingnya peran Lembaga ini, menyangkut tugas pokok adalah memelihara dan meningkatkan mutu proses pendidikan secara berkelanjutan. Karakteristik utama adalah The Green Islamic University yang harus dicapai, memerlukan PedomanAkademik, Manajemen Mutu Akademik dan Non Akademik, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Kurikulum dan Mahasiswa., Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, dan Prasarana dan Sarana Akademik dan Non Akademik.

Prioritas manajemen mutu dan penjaminan mutu untuk keberlanjutan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya sebagai modal dasar dalam menghadapi persaingan dimasa datang, yang penuh dengan tantangan dan hambatan, memerlukan usaha keras, terencana dan berkesinambungan. Usaha untuk meningkatkan mutu dan penjaminan mutu telah dilakukan sejak tahun 2011 dengan mengakreditasi seluruh program studi yang ada.

Rencana strategis (Renstra) Universitas Muhammadiyah Palangkaraya disebutkan merupakan garis besar haluan pengembangan universitas selama satu dasawarsa mendatang yang menggambarkan skenario pengembangan universitas dalam sepuluh tahun mendatang (tahun 2011-2020) yang diimplementasikan dalam Rencana Operasional (Renop) 2013-2016 pada LP3MPT. LP3MPT berusaha menganalisis secara mendalam apa kebutuhan yang diperlu direncanakan, dikembangkan, dan melaksanakan penjaminan mutu.

Tujuan perencanaan, pengembangan, dan penjaminan mutu UM Palangkaraya merupakan bagian dari upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pembangunan manusia seutuhnya. Di dalam pelaksanaanya perlu memperhatikan Sistem Pendidikan Nasional bahwa penataan perguruan tinggi yaitu : otonomi, akuntabilitas, jaminan mutu, dan evaluasi sebagaimana juga digariskan dalam Kerangka Pengembangan Jangka Panjang Pendidikan Tinggi di Indonesia. Renstra yang merupakan penjabaran dari statuta disusun dengan mengedepankan visi dan misi yang kemudian disintesakan dengan hasil analisa situasi tentang kekuatan dan kelemahan internal berdasarkan hasil evaluasi diri yang akurat, serta hasil analisis peluang dan ancaman yang ada dalam lingkungan strategik eksternal.

Hasil analisis SWOT dapat diidentifikasikan berbagai problematik atau isu strategis yang kemudian diteruskan dengan menentukan alternatif pemecahannya dalam bentuk skala prioritas strategi perencanaan, pengembangan, dan penjaminan mutu terpilih. Langkah selanjutnya adalah penjabaran dari seluruh butir strategi pengembangan, untuk kemudian dituangkan dalam Rencana Operasional Empat Tahunan (Renop) 2013-2016 dan Rencana Operasional Tahunan (Rencana Kerja Anggaran) dalam APBU setiap tahunnya.

Selanjutnya dalam rangka perencanaan, pengembangan, dan penjaminan mutu perguruan tinggi, renstra akan dijadikan tolak ukur komitmen dan hasil kerja guna menilai keberhasilan dan kinerja manajemen universitas dalam semua tingkat/jenjang dan lini. Renstra diharapkan mampu mengantisipasi dinamika perubahan dan perkembangan internal maupun eksternal dan mampu menjawab berbagai isu strategis yang akan dihadapi UM Palangkaraya dalam satu dasawarsa mendatang. Sangat diharapkan komitmen semua warga universitas dapat memahami dan melaksanakan Renstra di bidang dan unit kerja masing-masing. 

 


 



09 April 2015
Pendaftaran Dosen Berprestasi Diperpanjang Sampai 16 April 2015 (269387)

14 Maret 2016
LP3MPT Mengadakan Kompetisi Hibah Buku Ajar tahun 2016 (60103)

27 Juli 2015
PENDAFTARAN HIBAH BUKU AJAR UM PALANGKARAYA DITAMBAH MULAI DARI 28 JULI 2015 SAMPAI 14 AGUSTUS 2015. (11640)



2014
Sosialisasi Dokumen Mutu

2014
Workshop PHP-PTS 2014 Direktorat Kelembagaan dan Kerjasama DIKTI Kemendibud

2014
pelatihan Pengadaan Barang/Jasa pada Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan



08 Maret 2019
Pedoman pemilihan Dosen Berprestasi

14 September 2018
Format RPS UM Palangkaraya

02 Juli 2018
Proposal Penulisan Kompetisi Buku Ajar Tahun 2018








460834

Pengunjung hari ini : 178
Total pengunjung : 190101
Hits hari ini : 358
Total Hits : 460834
Pengunjung Online : 3